*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvIslam] jangan emosi

kalo sering nonton bengkel hati di TPI setiap hari Minggu pukul 05.00 WIB, sepertinya kita selalu diingatkan supaya tidak sering marah, tidak jengkel dan tentu saja tidak emosi dalam menyikapi sesuatu.

apa yang akan terjadi jika kita tidak bisa mengkontrol emosi kita? Allah akan memberi teguran pada kita melalui cara-caraNya. salah satunya lewat penyakit. Ust. Danu mengatakan kalo penyakit itu berhubungan dengan akhlak... di Al Qur'an pun telah diberitahu bahwa kerusakan di muka bumi karena kita sendiri yg berbuat. jadi, kita harus senantiasa menjaga hati agar akhlak yg kita menjadi baik. 

sakit itu sungguh tidak mengenakkan, tapi yakinlah Insya Allah lewat sakit, jika kita sabar menerimanya, dosa yg mengakibatkan kita sakit akan dihapus oleh Allah Subhana Wata'ala. selain sabar, kita juga harus bertobat dan berusaha merubah akhlak kita yg salah menjadi baik. di antaranya penyakit yg berhubungan dengan emosi antara lain:


thalasemia: [thalasemia apa saja], penyakit ini berhubungan dengan sum-sum tulang belakang, biasanya anak kecil yg menderita ini. hal ini berkaitan dengan kedua orangtuanya yg memiliki sifat pemarah yg kuat dan jika sudah marah dia diam yg sangat kuat pula.

sakit pada kaki/lutut kiri: disebabkan ada sesuatu yg diinginkan tetapi ngotot... [walahualam]


jantung: hal ini berhubungan dengan ego kita.

jantung - klep bocor: hal ini berhubungan dengan marah yg dipendam, kemudian dinasehati tidak mau mendengar


sesak nafas: berhubungan juga dengan marah yg disimpan/dipendam


maag: berhubungan dengan sering marah-marah/ngomel di keluarga.


hepatitis: [hepatitis a atau b sama aja], penyakit ini disebabkan kita memiliki dendam yg berkepanjangan


paru-paru: hampir sama dengan jantung, penyakit ini biasanya orangnya pendiam tapi emosian


susah bicara [padahal tadinya bisa bicara]: berhubungan dengan orang yang jengkel tapi tidak diungkapkan/tidak dibicarakan.


selain itu ada pula penyakit lainnya yg bukan berhubungan dengan emosi, antara lain:


gangguan pada mata: berhubungan dengan suka meremehkan orang lain


sakit kepala berat: berhubungan dengan pikiran. misalkan diajak berdiskusi tapi berpikir kemana-mana. atau seorang pendiam yg pemikir berat.


penyakit-penyakit tersebut pada dasarnya bukan dialami karena sifatnya yg baru tapi karena akhlak yg mereka lakukan itu sudah lama dilakukan. sehingga Allah memberi teguran di masa tuanya atau kepada anaknya. atau ketika si anak sudah menikah [biasanya berhubungan kejengkelan kepada orang tua yg dipendam]. sebelum kita jatuh sakit, lebih baik mencegahnya bukan? jagalah hati kita, jagalah akhlak kita, jangan suka emosi, jangan mendendam, rajinlah berwudhu, rajinlah membaca Al Qur'an, sering bertobat, dan maafkanlah kesalahan orang lain pada kita. 


jadilah pemaaf dan ikhlas dalam kehidupan ini... Insya Allah..semoga manfaat.


baca juga artikel:

5 komen:

umi rina 2:54 PM, January 26, 2009  

Setuju... harus jadi orang sabar, pemaaf dan ikhlas... :)

alex's family 12:11 PM, January 28, 2009  

BAGUS loh mbak postingannya....tukeran link yuk....

Dedi 2:32 PM, January 28, 2009  

teorinya gampang.. prakteknya susah. apa lg udah gawan bayi. apa gw harus blajar self hypnotized ya?...

Juliawan 7:11 PM, June 24, 2009  

hmm iya biasa teori jauh dari kenyataan tapi kalau mau berusaha sih bisa btw ini good artikel hehehe salam kenal ya :D

nur sadikin 7:50 PM, November 15, 2012  

trima kasih atas saran nya dan juga nasehat nya

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*