*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvShare] Diet yg Gak Nyiksa

Buat kamu yg ngerasa overweight, ada menu diet yg gak nyiksa… 
"emang ada ya diet yg gak nyiksa..?" itu saya tanya sama temen saya pas lagi chat via YM, ternyata ada lho. "kok bisa gak nyiksa?" soalnya tiap 2 jam makan... [kecuali puasa yah]. "yah sering makan, gendut dong". enggak kok, baca di sini deh. so, gimana ngatur menu sehatnya? silakan terapin menu ini, ini gretong.. sesuai dengan moto saya 'seneng gratisan' dan meminjam kata indahnya kang rohman 'indahnya berbagi'. menu berikut saya dapet dari seorang sahabat sejak SMP pas waktu YM, dia dapet dari buku, bukunya apa saya juga gak tauk. tapi thanks banget jeng dah bagi-bagi menunya. Menu ini saya variasi sedikit sesuai pengalaman dan artikel kesehatan lainnya yg saya baca.

Untuk minum air putih, minumlah jika kamu haus dan minumlah perlahan [jangan buru-buru]. Usahakan jangan minum air es. Karena sebenernya air juga menyumbang kegemukan pada badan kamu [artikel ini pernah saya terima via email dan artikel lainnya]. 


1. Jam 7.00 Pagi – sarapan 
[yg lagi sakit, sarapan dimulai pukul 06.30, supaya fungsi obat pada pukul 7.00 – 7.30 bisa langsung bekerja pada tubuh]
Sarapan ini kamu boleh makan [pilih salah satu]: mie goreng, nasi goreng, bihun goreng, mie rebus telor, roti isi [sebaiknya roti gandum], arem-arem isi, ketoprak, bubur ayam, ketupat sayur, nasi uduk+1 gorengan atau apa aja yg menurut kamu kira-kira akan mengenyangkan sampai 2 jam mendatang. Nah ini yg harus diingat cukup ½ porsi saja. Yakinlah kalo kebanyakan juga bakal bikin perut sebah.
Minumnya secangkir Teh Manis Hangat [jangan terlalu panas ya].

Sudah? Sikat gigi…berangkat kantor [yg kantornya harus masuk pukul 7.00, kamu bisa sarapan di kantor kan? Atau yg masuk pukul 8.00 mau tidak mau kamu sarapan di jalan, banyak juga saya liat sepanjang ke kantor ada yg makan di bis – enak sih kalo duduk, kalo berdiri ya yang payah..cappee deeh – atau buat yg tidak sempat sarapan, usahakan menyempatkan diri sarapan batasnya pukul 9.30, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali. Yg sarapan pukul 9.00 – 9.30 kamu tidak boleh lanjut ke snack time pagi, jadi tunggu sampai makan siang baru makan lagi.. percaya deh gak akan menyiksa]

Jam 10.00 Pagi - Snack Time
Snack pagi ini kamu makan [pilih salah satu]: 1 risoles, 1 pastel, biskuit [biasanya saya pilih regal kemasan mini bisa bagi 2 dg snack sore], atau keripik yg kemasan mini juga bisa bagi dua ama buat sore.

Jam 12.00 Siang - makan siang
Menu makan siang: setiap hari kurangi satu sendok makan nasi-nya sampai pada titik kita akan mendapat porsi pas dimana perut kita akan terasa kenyang. 
Lauknya: bole ikan, daging, ayam + sayur ya supaya kulit kita bagus, tidak keriput. [jangan perkedel kentang or jagung ini adalah sumber karbohidrat, kalau mau makan makanan tersebut harus tanpa nasi, jadi kentang/jagung ini sebagai pengganti nasi]
Minum: biasa, air putih tidak dingin, sebaiknya hangat.

Jam 15.00 atau 16.00 sore - Snack Time
Sama dengan snack sore tapi plus secangkir Teh Manis Hangat. Jika bosan teh manis sekali-kali bisa ganti dengan secangkir kopi susu yg tersedia dalam kemasan, atau capucino juga oke aja [mantaaab kaann?]

Jam 18.00 - makan malam
Sama dengan makan siang, tapi saya sudah malas makan malam, saya suka ganti dengan snack ajha, jus juga boleh. Sebaiknya jika tersedia buah, makan saja buah. Saya menyarankan sebuah apel atau irisan pepaya di campur perasan jeruk nipis [tidak masalah jika tidak memakai perasan jeruk]. Kenapa apel? manfaat buah apel antara lain melancarkan pencernaan sama dengan fungsi buah pepaya, melembutkan batu empedu, dan melunakkan tinja.

Adduh masih laper juga.. pengennya ngemill aja apalagi kalo sambil nonton film di TV, bole aja tapi usahakan tidak. Ngemil dengan tidak berlebihan dan minum susu hangat+madu atau jus buah apa aja [tapi tidak dingin] sebelum tidur bisa melancarkan BAB di pagi hari. Alasan sebaiknya tidak karena pada pukul 21.00 tubuh kita sedang bekerja mengeluarkan toksin/zat racun di tubuh kita.
Kalau kita mengerti jam kerja tubuh kita, insya Allah kita mengenal kesehatan buat tubuh kita. Selamat menjalankan hidup sehat ya.

buat gak nyiksa banget, kamu bisa memilih 1 hari bebas VS 6 hari dengan menu diet 'tidak menyiksa'. kalo misal snak sorenya kamu ganti dengan makan bakso/somay/batagor atau menu sebanding lainnya usahakan tidak makan malam lagi, tapi ganti dengan buah/minum jus buah/madu seperti yang sudah dijelaskan tadi.

kunci diet ini adalah DiSiPLin.

5 komen:

Heny 1:00 PM, December 19, 2008  

salam kenal mba....betul sekali, hidup akan lebih sehat jika kita bisa teratur dan disiplin dengan pola makan....

Maknya Anak anak 2:35 PM, December 19, 2008  

Kayaknya gw tau deh..itu kata kata dari siapa??....heheheheheeeee...yang satu hari libur itu looh..?? * twiwinkk..*

duCkY... 10:17 AM, January 06, 2009  

#Maknya Anak anak: yoa..sapa lagi kalo bukaaan.....YOU! hehe

Aku dan Ketiga Cintaku 12:32 PM, May 21, 2009  

Wah bener banget tuh, I'm on Diet Now but jadi terarah jadwal makannya, gak sembarangan, lagian karena ngerasanya lagi diet, jadinya aku masak makanan yang enak-enak banget beda dari biasanya but dipilih makanan dengan kadar karbohidrat, protein dan lemak yang rendah banget, plus cara masaknya bener-bener dikurangin pemakaian minyak jenuh, hingga cuma 1 sdt/1x masak, hasilnya lebih enak dari biasanya... asal bisa aja cara masaknya mesti gimana, sumpeh lo.

Anonymous 6:34 PM, December 01, 2009  

aq pengen nyoba jaga donk...............

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*