*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

Jangan Menyingkat Salam

Sebagai muslim patutlah kita memberi salam pada saudara seiman kita. "Assalamu'alaikum, ukhti, akhi..?" atau " Assalamu'alaikum Warohmatullah...", salam dapat menjalin persaudaraan dan kasih sayang, karena orang yang mengucapkan salam berarti mereka saling mendo'akan agar mereka mendapat keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wassalam bersabda,
"Kalian tak akan masuk surga sampai kalian beriman dan saling mencintai. Maukah aku tunjukkan satu amalan bila dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Yaitu, sebarkanlah salam di antara kalian." [HR Muslim dari Abi Hurairah]
Ucapan salam adalah doa.Para ulama menjelaskan bahwa As Salam itu termasuk nama Allah. Sehingga jika kita mengucapkan Assalamu’alaikum, maka ini berarti kita mendo’akan saudara kita agar dia selalu mendapat penjagaan dari Allah Ta’ala. Ada juga sebagian ulama mengartikan bahwa As Salam dengan keselamatan. Sehingga jika kita mengucapkan Assalamu’alaikum, maka ini berarti kita mendo’akan saudara kita agar dia mendapatkan keselamatan dalam masalah agama ataupun dunianya. Jadi makna salam yang terakhir ini berarti kita mendo’akan agar saudara kita mendapatkan keselamatan dari berbagai macam kerancuan dalam agama, selamat dari syahwat yang menggelora, juga agar diberi kesehatan, terhindar dari berbagai macam penyakit, dan bentuk keselamatan lainnya. Dengan demikian, salam adalah bentuk doa yang sangat bagus sekali.

Karena sebab itu janganlah kita menyingkat-nyingkat salam, misal dalam e-mail, sms (mau ngirit yee?), memberi komen, atau bahkan saat chatting dengan tulisan "Ass. Salamlikum, Ass. wr wb", itu tidak ada maknanya. Begitu juga saat menjawab salam, dengan "Wss. wr wb, Wass (emangnya was-was??)". Tulislah dengan lengkap (maksutnya jangan disingkat), jawablah dengan lengkap dan saat mengucapkan pun, ucapkan dengan penuh, jangan dipotong. Bukankah mengucap salam juga menyebar siar Islam ;-). Wallahualam.


gambar dari sini dan sini

22 komen:

Indahnya Berbagi 11:53 PM, May 09, 2010  

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh, langsung mengindahkan pesannya, terimakasih artikelnya. Hal seperti ini yg mmg sering terlalaikan.

IHSAN 3:30 AM, May 10, 2010  

assalamu 'alaikum warahmatullahhi wabarokatuh

klo di pakai tuk sms, lama n panjang amat ya?

lain short message serviice (sms) dong namanya ^-^

ato ga' usah pake salam aja, karena sudah mafhum :D

ducky 9:07 AM, May 10, 2010  

Waalaikum salam warohmatullahi wabarakatuh, Amatullah dan Ihsan

setuju Ihsan,langsung point aja kalo sms mah :-)

Anita Rosalina 9:23 AM, May 10, 2010  

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ducky..

Apalagi klo menyingkat dengan ass aja.. dalam bahasa inggris artinya kan jadi jelek..

udienroy 11:56 AM, May 10, 2010  

السلام عليكم
Hehe ia tuh,
Yang lebih parah sekarang ini kaum ALAY teks nya dah acakadul, masih juga lain bunyinya,

ducky 12:46 PM, May 10, 2010  

Waalaikumsalam warohmatullahi wabarakatuh,Nita dan KangUdien...

yupe, Nit artinya (maaf..).."pantat lu" gitu kasarnya kalo kata orang jakarta mah... makanya ga usah maen singkat dah..:p

hahahaha..4p4k4h y4n6 1n1 d1k4t4k4n 474Y, kang.. wkwk

Jogjaface Souvnirshop 1:59 PM, May 10, 2010  

duck.......... pasang linku yah..... ne om jin.

http://jojaface.com

Seti@wan Dirgant@Ra 3:49 PM, May 10, 2010  

Makasih banyak Din...

Berita Indonesia 5:03 PM, May 10, 2010  

Kalau menjawab salam sih biasanya saya selalu lengkap, tapi kalo memberi salam misalnya pada saat bertamu cuma "Assalamu 'alaikum" gitu doang. Kalo gitu gimana?

Btw makasih koreksinya udah aku ganti tanggalnya bukan 2010 lagi wakakkaka

freedownloadfont 4:38 AM, May 11, 2010  

Assalamu alaikum....
infonya bagus!
makasih udah sharing ya.
salam kenal 0_0

ducky 10:09 AM, May 11, 2010  

sama-sama bang Iwan....

kang seno..ya gpp atuuh, yg sy maksud itu jgn disingkat gini: Ass. or saat menyapa dg "samilikum", "salamlikum"..karena sdh ga berarti doa lagi kang...:)

waalaikumsalam freedd, thx udh mampir yah soub..

~Srex~ 7:12 PM, May 11, 2010  

masukan yang bagus Duck....memang untuk hal2 yg mendasar seperti ini kita harus lebih berhati-hati yaa...jangan sembarangan, karena bisa mendua arti...tx u

iLLa 12:18 PM, May 12, 2010  

kyaa.. sy sering gitu pedahal, palagi kalo sms'an. kan maksutnya ngasi pembuka gitu. tapi ga baik ya? yaudah deh, sekalian aja ga usah salam kali yak kalo sms-an :D

Jaddid 7:27 PM, May 13, 2010  

halo fren...ada pendatang baru nih...!! lam kenal yah. nice info bro..

deadyrizky 1:02 PM, May 14, 2010  

iya
sms kan short message
kalo disingkat jadi aslmkm gimana?

Matodis 6:14 PM, May 14, 2010  

Kebanyakan sih ucapan salam pada saat sms/ chatt banyak yg menyingkat seperti Ass padahal artinya kan Tolol (english) hehehe..
syukron sobat telah mengingatkan nihh

Ipin's cool 6:30 PM, May 14, 2010  

Assalammualaikum salam buat orang islam yang saling mendoakan satu sama lain, kalau di singkat ASS aja percuma juga yahhh emang betul apa yg di bilang sobat nih..thanks sob infonya

ducky 4:55 PM, May 15, 2010  

om srex: sip deh, sama-sama thanks om :)
iLLa: yup, kl sms mah to de point aja dah, kl disingkat artinya kan bisa berubah say...
Jaddid: lam kenal kembali, thanks ya dah mampir
deadyrizky: teeeteeeppp jgn disingkat lah, itu kan bhs arab,artinya tidak aja, fungsinya kan doa, kalo disingkat gitu apa ada artinya?
Matodis: YuPPe.. you got d point,my friend...! thx udah mampir yah.. :)
ipin: kamu sodara upin ya..hehe...kalo disingkat artinya bisa laen kan...bukan doa lagi..:)

Anak Rantau 11:47 AM, May 21, 2010  

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh.
Alhamdulillah, jadi tau aku Sob. Trims.

ducky 10:06 PM, May 22, 2010  

Waalaikumsalam warohmatullah wabarakatuh, Anak Rantau... sama-sama ya,soub :)

IPWAN 10:29 PM, May 23, 2010  

Asslamu'alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh,

Artikelnya sangant bagus sob,

ducky 11:40 AM, May 24, 2010  

Waalaikumsalam Warohmatullahi Wabarakatuh, IPWAN...syukron atas kedatangannya...

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*