*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvIslam] 7 ciri orang 'sok tahu'

berikut ini artikel yg saya dapet dr salah satu milis yg saya ikuti, baca ye...

'Sok tahu' pada dasarnya adalah "merasa sudah cukup berpengetahuan" padahal sebenarnya kurang tahu. Masalahnya, orang yang sok tahu biasanya tidak menyadarinya. Lantas, bagaimana kita tahu bahwa kita 'sok tahu'? Mari kita mengambil hikmah dari Al-Qur'an. Ada beberapa ciri 'sok tahu' yang bisa kita dapatkan bila kita menggunakan perspektif surat al-'Alaq.


1. Enggan Membaca
Ketika disuruh malaikat Jibril, "Bacalah!", Rasulullah Saw. menjawab, "Aku tidak bisa membaca." Lalu malaikat Jibril menyampaikan lima ayat pertama yang memotivasi beliau untuk optimis. Adapun orang yang 'sok tahu' pesimis akan kemampuannya. Sebelum berusaha semaksimal mungkin, ia lebih dulu berdalih, "Ngapain baca-baca teori. Mahamin aja sulitnya minta ampun. Yang penting prakteknya 'kan?" Padahal, Allah pencipta kita itu Maha Pemurah. Ia mengajarkan kepada kita apa saja yang tidak kita ketahui.

Disisi lain, ada pula orang Islam yang terlalu optimis dengan pengetahuannya, sehingga enggan memperdalam. Katanya, misalnya, "Ngapain baca-baca Qur'an lagi. Toh udah khatam 7 kali. Mending buat kegiatan lain aja." Padahal, Al-Qur'an adalah sumber dari segala sumber ilmu, sumber 'cahaya' yang tiada habis-habisnya menerangi kehidupan dunia. Katanya, misalnya lagi, "Ngapain belajar ilmu agama lagi, toh sejak SD hingga tamat kuliah udah diajarin terus." Padahal, 'ilmu agama' adalah ilmu kehidupan dunia-akhirat.

2. Enggan Menulis
Orang yang sok tahu terlalu mengandalkan kemampuannya dalam mengingat-ingat dan menghafal pengetahuan atau ilmu yang diperolehnya. Ia enggan mencatat. "Ngerepotin," katanya. Seolah-olah, otaknya adalah almari baja yang isinya takkan hilang. Padahal, sifat lupa merupakan bagian dari ciri manusia. Orang yang sok tahu enggan mencatat setiap membaca, menyimak khutbah, kuliah, ceramah, dan sebagainya. Padahal, Allah telah mengajarkan penggunaan pena kepada manusia.

Di sisi lain, ada pula orang yang kurang mampu menghafal dan mengingat-ingat pengetahuan yang diperolehnya, tapi ia merasa terlalu bodoh untuk mampu menulis. "Susah," katanya. Padahal, merasa terlalu bodoh itu jangan-jangan pertanda kemalasan. Emang sih, kalo nulis buat orang lain, kita perlu ketrampilan tersendiri. Tapi, bila nulis buat diri sendiri, bukankah kita gak bakal kesulitan nulis 'sesuka hati'? Apa susahnya nulis di buku harian, misalnya, "Tentang ciri sok tahu, lihat al-'Alaq!"?

3. Membanggakan Keluasan Pengetahuan
Orang yang sok tahu membanggakan kepintarannya dengan memamerkan betapa ia banyak membaca, banyak menulis, banyak mendengar, banyak berceramah, dan sebagainya tanpa menyadari bahwa pengetahuan yang ia peroleh itu semuanya berasal dari Allah. Ia mengira, prestasi yang berupa luasnya pengetahuannya ia peroleh berkat kerja kerasnya saja. Padahal, terwujudnya pengetahuan itu pun semuanya atas kehendak-Allah.

Mungkin ia suka meminjam atau membeli buku sebanyak-banyaknya, tetapi membacanya hanya sepintas lalu atau malah hanya memajangnya. Ia merasa punya cukup banyak wawasan tentang banyak hal. Ia tidak merasa terdorong untuk menjadi ahli di bidang tertentu. Kalau ia menjadi muballigh 'tukang fatwa', semua pertanyaan ia jawab sendiri langsung walau di luar keahliannya. Ia mungkin bisa menulis atau berbicara sebanyak-banyaknya di banyak bidang, tetapi kurang memperhitungkan kualitasnya.

4. Merendahkan Orang Lain Yang Tidak Sepaham
Bagi orang Islam yang sok tahu, siapa saja yang bertentangan dengan pendapatnya, segera saja ia menuduh mereka telah melakukan bid'ah, sesat, meremehkan agama, dan sebagainya. Bahkan, misalnya, sampai-sampai ia melarang orang-orang lain melakukan amal yang caranya lain walau mereka punya dalil tersendiri. Ia menjadikan dirinya sebagai "Yang Maha Tahu", terlalu yakin bahwa pasti pandangan dirinyalah satu-satunya yang benar, sedangkan pandangan yang lain pasti salah. Padahal, Allah Swt berfirman: "Janganlah kamu menganggap diri kamu suci; Dia lebih tahu siapa yang memelihara diri dari kejahatan." (an-Najm [53]: 32)

Muslim yang sok tahu cenderung menganggap kesalahan kecil sebagai dosa besar dan menjadikan dosa itu identik dengan kesesatan dan kekafiran! Lalu atas dasar itu dengan gampangnya ia mengeluarkan 'vonis hukuman mati'. Padahal, dalam sebuah hadits shahih dari Usamah bin Zaid dikabarkan, "Barangsiapa mengucapkan laa ilaaha illallaah, maka ia telah Islam dan terpelihara jiwa dan hartanya. Andaikan ia mengucapkannya lantaran takut atau hendak berlindung dari tajamnya pedang, maka hak perhitungannya ada pada Allah. Sedang bagi kita cukuplah dengan yang lahiriah."

5. Menutup Telinga dan Membuang Muka Bila Mendengar Pendapat Lain
Orang yang sok tahu tidak memberi peluang untuk berdiskusi dengan orang lain. Kalau toh ia memasuki forum diskusi di suatu situs, misalnya, ia melakukannya bukan untuk mempertimbangkan pendapat yang berbeda dengan pandangan yang selama ini ia anut, melainkan untuk mengumandangkan pendapatnya sendiri. Ia hanya melihat selayang pandang gagasan orang-orang lain, lalu menyerang mereka bila berlainan dengannya. Ia tidak mau tahu bagaimana mereka berhujjah (berargumentasi).

Di samping itu, orang yang sok tahu itu bersikap fanatik pada pendapat golongannya sendiri. Seolah-olah ia berseru, "Adalah hak kami untuk berbicara dan adalah kewajiban kalian untuk mendengarkan. Hak kami menetapkan, kewajiban kalian mengikuti kami. Pendapat kami semuanya benar, pendapat kalian banyak salahnya." Orang yang terlalu fanatik itu tidak mengakui jalan tengah. Ia menyalahgunakan aksioma, "Yang haq adalah haq, yang bathil adalah bathil."

6. Suka Menyatakan Pendapat Tanpa Dasar Yang Kuat
Muslim yang sok tahu gemar menyampaikan pendapatnya dengan mengatasnamakan Islam tanpa memeriksa kuat-lemahnya dasar-dasarnya. Ia suka berkata, "Menurut Islam begini.... Islam sudah jelas melarang begitu...." dan sebagainya, padahal yang ia ucapkan sesungguhnya hanyalah, "Menurut saya begini.... Saya melarang keras engkau begitu...." dan seterusnya. Kalau toh ia berkata, "Menurut saya bla bla bla....", ia hanya mengemukakan opini pribadinya belaka tanpa disertai dalil yang kuat, baik dalil naqli maupun aqli.

7. Suka Berdebat Kusir
Jika pendapatnya dikritik orang lain, orang yang sok tahu itu berusaha keras mempertahankan pandangannya dan balas menyerang balik pengkritiknya. Ia enggan mencari celah-celah kelemahan di dalam pendapatnya sendiri ataupun sisi-sisi kelebihan lawan diskusinya. Sebaliknya, ia tekun mencari-cari kekurangan lawan debatnya dan menonjol-nonjolkan kekuatan pendapatnya. Dengan kata lain, setiap berdiskusi ia bertujuan memenangkan perdebatan, bukan mencari kebenaran.

Demikianlah beberapa ciri orang yang sok tahu menurut surat al-'Alaq dalam pemahamanku. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, semoga kita masing-masing dapat melakukan introspeksi dan memperbaiki diri sehingga kita tidak menjadi orang yang sok tahu. Aamien.

Sumber : Al Qur'an Dan Al Hadits.

Oleh : Ruly Wiharnoto
yahya.ayyash@mail

45 komen:

Ipin 10:36 PM, May 15, 2010  

Sotoy yahh..semoga saja ane terlindung dari sikap sok tahu mendingan cari tahu saja biar cepet pinter dan dapet pengalaman, Dakwah lewat blog ni smoga mendapat balsan pahala yang setimpal sob ...

mundo_idiot 1:51 AM, May 16, 2010  

waduh kayaknya aku ney masuk orang sok tahu ney ,, mesti berubah deh , masih atas postingnya

ducky 10:21 AM, May 16, 2010  

#Ipin: amin Allahumma amin--syukron doanya ya, smoga kita terhindar dari sikap ini...

#mundo: hehe..mungkin aja kita ga sadar pernah melakukan.. khilaf gitu.. smoga kita bisa berubah :) -- syukron...

Riesta Emy Susanti 11:41 AM, May 16, 2010  

thanks info nya...
^_^

ina 11:43 AM, May 16, 2010  

sotoyyy yah??? waduw... mudah2an Na gag masuk golongan ini xixixixixi...

thanks artikelnya kag :)

Abdul Hafizh 12:51 PM, May 16, 2010  

Wah,, org2 kayak gini dilaknat nie kayaknya ..
Ckckckckcck .. ;)
Btw,, keep posting and keep share !

udienroy 1:33 PM, May 16, 2010  

Hmm orang sok tahu tuh kalau minurut diriku. Sok mengakatan apa yang orang belum tahu, padahal apa yang ia katakan itu cuma perkiraan doank

Ada juga yang demi menjaga gengsi nya getu

Aby Umy 1:58 PM, May 16, 2010  

jangan sampe de masuk dalam kategori di atas
makasih infonya kang

akhatam 2:10 PM, May 16, 2010  

hhaha... aku termasuk orang sok tau gak ya??? moga2 gak deh... hehhe

Dinoe 5:56 PM, May 16, 2010  

Nice artikel ..thanks atas masukkan yang sangat bermanfaat buat kita utk menghindari sifat sok tahu tersebut,

ducky 7:16 PM, May 16, 2010  

All: syukron yaa... Amin Amin buat doa-doanya :)

yanrmhd 8:12 PM, May 16, 2010  

semoga kita terhindar dari sifat2 itu,
dan diberi keteguhan, istiqomah terhadap
apa yang kita kerjakan... :)

Anak Rantau 8:53 PM, May 16, 2010  

Moga2 aku tidak termasuk yang sok tau sob,
Lam kenal.

richoyul 10:12 PM, May 16, 2010  

waduh kadang aku no 1 dan 2, wah di rubah klo gt.....

Shanty 12:32 PM, May 17, 2010  

Moga aq dijauhkan dari sifat yang sok tahu...
Aminnnnnnnn (^_^)

jarwadi 1:01 PM, May 17, 2010  

ciri ciri orang sok tahu : SEPERTI SAYA, PLEK


SALAM

ducky 1:34 PM, May 17, 2010  

hahahaha...mas jarwadi, MAU TAU kali.. itu sih juga saya...:)

duniaku 1:50 PM, May 17, 2010  

waduh semoga kita semua tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang sok tahu..Amin

achen 10:13 PM, May 17, 2010  

duh ane masuk yg sok tahu neh... ampuni...

buwel 10:15 PM, May 17, 2010  

makasih neh, jadi bisa buat mawas diri...

Tour, Food, and Health 8:56 AM, May 18, 2010  

mudah2an aku bisa mendidik diriku dengan baik sehingga ga spt ini. blog yg spt ini bagus untuk mengingatkan...

Zupy 7:09 PM, May 18, 2010  

Salam kenal..ya di atas juga tanda2 orang males, apalagi di point2 yg pertama..makasih infonya..
Tukar link yuk sob, mo ga? Kalo mau tolong confirm di email ato blog aku ya..makasih sebelumnya....

secangkir teh dan sekerat roti 12:31 PM, May 19, 2010  

salam hangat!

mudah mudahan saya bisa jauh - jauh dari itu :)

ducky 1:59 PM, May 19, 2010  

All: amiin ya...smoga...

Zupy: oke soub, sudah aku link yah blogmu...:)

~Srex~ 3:41 PM, May 19, 2010  

Duuh...kayaknya aku sebagian masuk deh daftar diatas Duck....yg no 2...maklum tulisanku jelek banget, sampe kadang aku gak bs baca tulisanku sendiri...xixixi..
kira2 termasuk kategori 'sok tahu' nggak yaa....?

ducky 11:10 AM, May 20, 2010  

hahahaha... mr.Srex, itu seeeh saya ga usah liat juga dah tau smua mahluk yg bertitle dokter tulisannya ele' smua hihi..

deadyrizky 9:44 PM, May 20, 2010  

ya ampun
aku masih tergolong orang yang sok tahu karena jarang baca Quran:(
terimakasih atas tamparannya ya

~Srex~ 3:38 PM, May 22, 2010  

Asem...meremehkan orang remeh...xixixi....

ducky 10:02 PM, May 22, 2010  

wakakakak...sesama remeh remeh...

deady: waduh..sakit ga tuch ditampar :p

phonank 8:12 AM, May 23, 2010  

Wah aku donk mbak...

ciri2nya mirip dengan saya,, emang terkadang phonank suka sok tahu...

berdebat dan berdebat tanpa pemikiran yang berdasar,, hanya modal keyakinan dan logika sendiri...
wakakaka

ducky 10:41 AM, May 23, 2010  

hahaha.. hanya modal keyakinan.. aduh jgn suka debat kusir deh tar pak kusirnya jatoh nank..:)
sama sih kadang aku suka sok tau, tp ada prinsip yg saya pegang lebih baek banyak tanya dibilang bodoh sekalipun tak mengapa daripada sok tau malah njerumusin orang ke arah yg salah hehe ^^

aguestri 8:48 PM, May 23, 2010  

Wah kayakny aku punya salah satu dari ciri-ciri diatas, waduh gazwat iki.

richoyul 9:16 AM, May 24, 2010  

jangan jadi sok tau ah...... mending bener2 tau :)

sehat-mu 3:15 PM, May 24, 2010  

keren sahabat (◦^▽^◦)/
dari sini saya bisa bercermin kembali...
terimaksih banyak sahabat

IPWAN 12:46 AM, May 25, 2010  

Bisa jadi pencerahan ni Artikelnya,trimakasih bro.

Amatullah. Syukur 3:52 AM, May 25, 2010  

Tadi awal masuk blog ini lihat judul postingan ini, penasaran...langsung klik selengkapnya. Pgn tahu ciri2x khawatir ada yang lekat dengan diri...

Alhamdulillah Allah hindarkan dari semua itu (bukan membanggakan diri tapi mensyukuri nikmat insyaAllah).

odonk's 8:17 AM, May 25, 2010  

asli tmn ane da yg kek gto n smua point itu bnar..
terjadi di tmen ane.wkwkwkwkwk..

cara mengatur keuangan 8:54 PM, May 30, 2010  

wah nbener bgt tuh cirir2 nya,..
kita sm2 berlindung ja dey dr yg demikian,...

RAMDHAN 11:11 AM, June 10, 2010  

Postingan yg mencerahkan.. thank infonya

Quattrick 9:26 PM, June 26, 2010  

great post....
Livestreamfree.net

kawanlama95 6:42 PM, July 30, 2010  

duh aku kok keknya sok tau neeh, dah jarang mencatat dan menulis. merunduk untuk intropeksi diri. deen kapan pulang

Travel Haji Umrah 12:46 PM, October 11, 2011  

Menjaga hati untuk selalu bersikap tawadhu,,menghargai pendapat orang lain, selalu mendengarkan dan mengerti terlebih dahulu tiap masalah yang dihadapi baru berkomentar,yang paling penting miliki sifat sabar dan ikhlas agar hati selalu tentram.. salam dari Travel Haji Plus 2012/2013

sprei bed cover 6:42 PM, November 29, 2011  

thank you good blog articles and helpful, good luck greeting is always da bloggers ......
sprei
sprei murah
sprei online
jual sprei
grosir sprei
sprei anak

Sutopo Sasuke 12:17 PM, November 05, 2013  

bagus akh...
saya suka artikelnya ..
bagus mkasih sudah share dan berbagi kepada kami yang masih kurang ilmu..
oya disini saya punya artikel bagus akh..
tentang ustad yusuf mansur...






Keajaiban ustad yusuf mansur
Download murotal ustad yusuf mansur
ustad yusuf mansur
Biografi l ustad yusuf mansur
facebook dan twitter ustad yusuf mansur

paket umroh bulan desember 1:25 AM, July 04, 2014  

Smoga kita bisa lebih bijak dan jauh dari sikap sok tau,
thanks infonya

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*