*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvIslam] Jangan Meludah ke Arah Kiblat

Islam, merupakan agama yang sempurna yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk segenap manusia. Tidak ada sesuatupun yang luput dari tuntunan Islam, baik perkara yang besar maupun yang kecil.
Di antara perkara yang diatur oleh Islam yang mungkin dianggap sepele oleh sebagian kita, yaitu meludah dan membuang ingus. Mungkin, masih ada sebagian kita yang meludah atau membuang ingus secara sembarangan. Ketahuilah, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam melarang kita untuk meludah serta membuang ingus ke arah kiblat.

Mengenai larangan meludah ke arah kiblat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,
Barangsiapa yang meludah ke arah kiblat, maka ia akan datang pada Hari Kiamat dengan diludahi di antara kedua matanya.  (HR. Abu Dawud dan ibnu Hibban dari Hudzaifah, dan Syaikh Al Albani menshahihkannya dalam kitab Shahih Al-Jami’, 6160).

Sedangkan untuk larangan membuang ingus ke arah kiblat, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda,  “Dibangkitkan orang yang mengeluarkan ingus ke arah kiblat pada Hari Kiamat, (dimana ingus itu) dikembalikan ke wajah orang tersebut.” (HR.Al-Bazzar dari Ibnu Umar, dan Syaikh Al bani menshahihkannya di dalam Shahih Al-Jami’, 2910).

Semoga artikel singkat ini bermanfaat. dicopi via mail...

47 komen:

jimox 7:30 PM, August 04, 2009  

wah untung aku tidak punya kebiasaan buruk seperti itu. hehe..
salam kenal ya mbak... :)

sastra radio 5:30 AM, August 05, 2009  

assalamualaikum, good morning,selamat pagi..

sastra radio 5:31 AM, August 05, 2009  

jika kebetulan terpaksa buang ingus, gimana ya?

sastra radio 5:33 AM, August 05, 2009  

..dan kebetulan harus buang ingus ke arah kiblat, gimana ya? Misalnya leher lagi kram ga bisa menghindari kiblat.

Seti@wan Dirgant@Ra 8:52 AM, August 05, 2009  

Makasih banyak yah Duck....

ducky 9:20 AM, August 05, 2009  

sastra radio: kalo leher kram.. berdirinya aja kalee yg posisinya diubah :), bukan lehernya diputer...

mommy adit 9:21 AM, August 05, 2009  

Aduh aduh.. klo nggak nyadar sedang menghadap kiblat gimana ya?

ducky 9:25 AM, August 05, 2009  

mommy adit, sastra radio:hehe pertanyaan ini pasti muncul deh, sama jika kita bertanya: 'gimana kalo membuang tdk bermaksud 'menghina' kiblat?'. sesungguhnya sbg muslim tugas kita Sami'na Wa Atho'na - kami dengar kami taat.
nah utk jwb pertanyaan sobat, ini saya copikan jawabannya: jika ia belum tahu hukumnya atau belum tahu sunnah yang Rasulullah shalallahu'alaihi wassalallam sampaikan mengenai hal ini maka tidak mengapa [mohon dikoreksi jika salah] dan tugas kita yang tahu untuk menyampaikan kepada yang belum tahu sehingga ia tidak melakukannya lagi. Dan bagi yang sudah mengetahuinya maka sudah seharusnya ia mengikuti apa yang Rasulullah shalallahu'alaihi wassalallam sampaikan. semoga membantu..

Newsoul 10:52 AM, August 05, 2009  

Hm....pagi ducky. What a nice article.

suzhu BITES 12:32 PM, August 05, 2009  

hehehe....emang masuk akal sih. kan kiblat tempat kita sholat dan berdoa, somo' tempat kita beribadah dikotorin.
thank ya infonya sista...

zujoe 1:40 PM, August 05, 2009  

hmmm... tumben bebek ini hebat... saluuuttt... bener tuh...

rezKY p-RA-tama 3:06 PM, August 05, 2009  

wah keren infonya,,keep posting ya

Awal Sholeh 5:06 PM, August 05, 2009  

wah nice infonya din baru taw neh. berarti gak boleh ludah ke arah barat yah.

Awal Sholeh 5:07 PM, August 05, 2009  

per 14 an...... lama tak jumpa disini

Patahati 8:02 PM, August 05, 2009  

suatu peringatan yg sewajarnya diingatkan sesama muslim, salam hangat.

Rachel 8:03 PM, August 05, 2009  

memang kebiasaan jelek harus dibuang, paling tidak diusahakan agar membiasakan disiplin, salam kenal.

lintang 11:06 PM, August 05, 2009  

trims mbak selalu di ingatkan semoga ini menjadi sebuah kebaikan. mbak apa benar tinggal di kota malang? klu ya sama dong.

Awal Sholeh 11:07 AM, August 06, 2009  

mampir lagi din. makasih udah coment

Awal Sholeh 11:21 AM, August 06, 2009  

lagi kerja kah ne? dah ol pagi2

Seti@wan Dirgant@Ra 11:54 AM, August 06, 2009  

kalu buang muka kearah kiblat nggak pa22 khan Duck??

Ibnu Mas'ud 2:08 PM, August 06, 2009  

Diludahi????
Nggak mau ahhh!!!

ivan kavalera 2:17 PM, August 06, 2009  

makasih ya. he he ngopi yuk..

Haedir GokiL 2:28 PM, August 06, 2009  

astagafirullah !!!

makasi loo atas infonya,,bermanfaat banget

astagafirullah *bengong sejenak*
aku selalu meludahh,, (tapi lupa sich kearah mana) yang pasti pernah lah ke arak kiblat,,yaa ALAAH ampunin aku ya ALLAH


astagafirullah !!

makasi yaa infonya
bermanfaat banget :)

Ibnu Mas'ud 3:09 PM, August 06, 2009  

ada award nihhh.,diambil yaaaa

kawanlama95 4:46 PM, August 06, 2009  

wah kalo mau sholat sebaikanya ya bersihan sebanyak-banyaknya. tapi kalau memang terpaksa ke arah kiri dah sepertinya , coba cari dalilnya

ammadis blog 7:18 PM, August 06, 2009  

Makasih tausiyahnya ni....

Senang aku mampir ke blog ini....pencerahan terus yaa...

All About Samarinda 7:48 PM, August 06, 2009  

Alhamdulillah...

Ternyata meludah pun Islam mengaturnya dengan indah yaaa...betapa tingginya nilai sebuah kesucian itu...

J O N K 10:11 PM, August 06, 2009  

waduh bagus Luv, singkat tapi cocok buat saya yang suka membuang ingus kemana-mana, saya akan berusaha tidak mengulanginya :)

genial 4:46 AM, August 07, 2009  

satu lagi pencerahan di pagi ini saiia peroleh setelah membaca ini... jd atuuttt dee.. :( salam kenal iia ;)

Awal Sholeh 9:16 AM, August 07, 2009  

hati2 dj dan selamat ampe tujuan jalan2 terus neh. ;)

Awal Sholeh 9:17 AM, August 07, 2009  

dah mulai berkurang blogingnya neh, cuma TAnya gitu2 aja. bingung mau dikejar apa. tapi dah tutup teori jadi kebanyakan dirumah aja neh

devianty 9:59 PM, August 07, 2009  

dapat pengetahuan penting hari ini, makasih infonya, berguna sekali buat saya, dan salam kenal..semoga mau mampir ke tempat saya..terima kasih..

@_T!ka 7:27 AM, August 08, 2009  

Baru tau saya. Thanks infonya ya, Mbak...
Nice article!

rezKY p-RA-tama 11:28 AM, August 08, 2009  

kasi komen lagi ahh

mardee 9:22 AM, August 09, 2009  

na'udzubillahi min dzalik.


komen sekalian mau pamit bentar deen..

*semoga ini bukan komen terakhirku :D

Hamster Copo 7:57 PM, August 09, 2009  

Ada sabda baru dari Hamster "barang siapa yang nyosor (cara bebek makan) kearah kiblat maka di hari kiamat kedua matanya akan disosor" aduuh kacian banget..hehehehe kabuuur

mas doyok 11:25 AM, August 10, 2009  

makasih infonya, setuju

ziendoo 5:10 PM, August 10, 2009  

wah wah wah ":D

kakve-santi 6:59 PM, August 10, 2009  

saya gak doyan meludah!

ducky 8:16 PM, August 10, 2009  

kawanlama95: om, aku pernah baca,kalo membuang ludah ke kiri itu kalo kita mendapat gangguan dlm sholat dan dikala mendapat mimpi buruk. jd tetep ga ngadep kiblat.

YANG GAMBI 11:36 PM, August 10, 2009  

Salam dari seberang,

Kan ku jadikan pedoman segala yang terdapat di blog anda.

genial 2:30 AM, August 11, 2009  

... huadduuhhh ... sulitnya dari nasihat di atas adalah implementasinya nii... soalnya pada kenyataannya... wahhh sulit ini asli dahh... sadarkah kita jika kita berada di antah berantah akan arah mata angin?!?!? kadang2...! kebanyakan sii gag ngerti... so... arah mata angin ajja sering alpa, gmn arah kiblat?!?!?! terus klu arah kiblat ajja gag mudheng, gmn kita bisa mengontrol kemauan kita yg sifatnya alamiah tersebut (meludah) menjadi sesuatu yg bener2 asri seperti yg dikehendaki ajaran agama maupun norma yg sejak dullu kita pelajari susah payah :( sulit ini... sulit :(

wongapik 11:22 AM, August 11, 2009  

makasih infonya... aku malah baru tau kalo buang ludah dan ingus tidak boleh kearah kiblat

Seti@wan Dirgant@Ra 11:35 AM, August 11, 2009  

Mampir siang ditengah kesibukan ngajar.

melandri 12:03 PM, August 11, 2009  

hi..ducky//
boleh neh artikelnya,,dakwah menyiarkan indahnya islam ke seluruh dunia,,

salam.

Laksamana Embun 12:06 PM, August 11, 2009  

Dtng untk menjawab pertnyaan...

Sama Koq Bos... Tapi yNg ini ebihefektif mnrut saya...

Seti@wan Dirgant@Ra 2:33 PM, October 22, 2009  

Aku mampir ngubek2 postingan jadul, mumpung lagi ada kesempatan.

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*