*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvIslam] Sholatku Ibadahku

Sholatlah kamu sebelum disholatkan.
Sudah sering saya baca kalimat itu, dan tentunya sebagai muslim saya diwajibkan untuk ibadah ini. Saya ingat perjalanan sholat saya, dulu sekedar cuma melaksanakan kewajiban, pokoe 5 waktu saja dah. Sampai orangtua kudu nyiapin hadiah buat yang sholatnya gak bolong. Kemudian, pada masa Sekolah Menengah, milih sekolah agama ‘biar tau agama saya’ gitu alesan saya sama ortu, padahal diterima di sekolah negeri favorit di lampung. Hikmahnya, ya saya jadi tau ‘oo ada sholat jama’ah ya...’ Keutamaan berjamaah.. dan lainnya. Saban dzuhur kita sholat di Islamic Center, meski demikian ada aja temen yang kabur dari kewajiban sholat.

 Ada yang bilang, ‘sholat ga bikin kita kaya’.... iyah siapa bilang sholat bikin kaya, kata ustadz, sholat ga bisa bikin kita langsung kaya. Itu harus diikuti dengan usaha. Ada lagi bilang, ‘lega dah sholat...’, hmmm kenapa sholat dijadikan beban yak? Menurut saya sholat itu bukan beban, sholat itu kebutuhan kita sama Allah Ta’ala. Lalu ada lagi, ‘kenapa harus sholat?’ sebab sholat itu ibadah yang diperintahkan Allah Ta’ala langsung kepada Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wassalam. Gak pake perantara. Amal yang pertama kali dihisab. Sholat itu doa. Dimulainya aja dengan niat bersih, lurus, menyucikan diri.

Kalo saya ada masalah musti sholatnya khusyu’ bener, doanya khusyu’… sadar diri aja, bahwa saya bener-bener butuh sama Allah, saya ini hambaNya, kembali juga padaNya, jadi mau apapun, kudu lapornya ke Allah..jadi sholat itu emang kebutuhan walopun sedang ga ada masalah mustinya tetep khusyu' yak?

Lalu, kenapa kadang saya lalai? Padahal itu adalah kebutuhan? Benar Imam Gazali bilang, bahwa pekerjaan yang paling ringan adalah meninggalkan sholat. Contoh kecil aja, saat saya rapat, Adzan Dzuhur berkumandang, seharusnya saya beranjak keluar langsung menyambut panggilan Adzan, tapi kadang pimpinan rapat masih bicara ada rasa tidak enak buat keluar. Hhh mana yang lebih tidak enak, melalaikan Allah atau nyuekin bos? Padahal tadi waktu keluar rumah sampe jalan ke kantor semua berkat perlindungan Allah... belum lagi kalo dikejer-kejer kata ‘harus sekarang ya deeeee!’... padahal Adzan Ashar udah berkumandang. Padahal yang ngasih kerjaan ini Allah, Allah lah yang menggerakkan babeh milih saya buat tanggungjawab kerjaan itu. Atau lagi asik browsing... tiba-tiba si Teteh nongol ngingetin: udah wudhu mb deeee?? Mana yang saya pilih? saya inget kata ustadz: Ya Allah…cukuplah Engkau bagiku.

Oke saya sholat nih, dalam sholat, tiba-tiba pikiran melayang-layang. Belum ngambil jatah makan siang, suara TV gede banget, ntar dari sini ambil surat ke TU, oiya... saya naro flashdisk tadi di kaleng. Oh No! Kekhusu’an hilang. Padahal hati ini sudah disiapkan, kerinduan ini sudah diujung... lalu teringat mati. Dulu saya sempat mikir, kalo kita mati nanti, diliang lahat kita dibaringkan, trus kita sholat bagaimana? Wudhunya gimana? Ternyata, saat kita mati kita tidak diperintahkan lagi sholat. Lalu apa sholat saya udah baik saat menghadapi mati nanti? 

Jadi masih mau ninggalin sholat? sungguh merugi orang yang meninggalkan sholat... karena ada kenikmatan saat menunaikannya... ada jiwa yang tenang saat menghadapNya... ada kedamaian di sana... walo saya tau ilmu saya tidak ada seujung kukunya para sahabat Rasul, setidaknya saya mencoba merasakan 'hati tenang' itu.

Tipu daya iblis yang paling hebat adalah upaya untuk memalingkan manusia dari kekhusyu’an di dalam sholat. Untuk tujuan tersebut iblis mengerahkan segala cara, iblis menebarkan bisikan kepada manusia yang sedang melakukan sholat agar tidak bisa merasakan kenikmatan ibadah ini dan untuk menyingkirkan pahalanya. Khusyu’ adalah hal pertama yang akan hilang dari muka bumi, padahal kita saat ini berada di akhir zaman. [dikutip dari buku Agar Sholat Nikmat]
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu, orang –orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya [al-Mu’minun: 1-2] -- bisa ga ya saya termasuk orang yang beruntung itu? 
---- 
Mungkin ada yang sudah pernah baca/dengar tentang kisah nyata seorang anak yang cinta akan sholat. Namanya sebut saja Gifari, sejak umur 4 atau 5 tahun ayahnya sudah sering mengajak Gifari sholat subuh berjama’ah di masjid. Gifari senang sekali mengerjakan sholat dari subuh hingga Isya. Meskipun, cuaca hujan, Gifari selalu mengajak ayahnya tetap sholat di masjid. Hingga suatu saat ia jatuh sakit. Karena demam yang tinggi sang ayah tidak membolehkan Gifari untuk sholat subuh jama’ah di masjid, kuatir sakitnya bertambah. Lalu, apa yang terjadi dengan Gifari? Bocah itu menangis tersedu-sedu hingga keluarlah air matanya. ‘nak kenapa menangis? Sakit kepala? Yang mana yang sakit?hari ini Fari Bobo aja yaa...gak usah ke masjid’ dengan sesenggukan, Gifari menjawab, “abi, fari mau sholat subuh... fari ga mau tidur...” Subhanallah...! malu hati deh saya baca... kalo saya sakit?yang dipikir paling,yah ga bisa ini itu, bukan masjid yang diinget. jadi didikan dari kecil sudah dipupuk. Berbahagialah jika orangtua anda termasuk yang seperti itu. Tapi jika belum…ya sudah jangan salahkan orangtua kita, sekarang mah, kitanya aja yang musti bertekad berubah lebih baik.

23 komen:

Dunia Polar 11:19 AM, June 11, 2009  

pertamaaxxx

Dunia Polar 11:20 AM, June 11, 2009  

keduaa....

Dunia Polar 11:23 AM, June 11, 2009  

mau nanya nih, knp yah klo kita lg esmosi, klo sholat tuh kok susahhh banget kusyu'?? caranya biar kusyu; apa??

mardee 11:39 AM, June 11, 2009  

barokallohu fik..

duCkY... 11:50 AM, June 11, 2009  

dunia polar: lagi emosi peredamnya ya wudhu, kan mendinginkan hati tuh, nah khusyu'nya...saya pun lagi belajar pun..

mardee: amin Ya Mujibassailin..smoga antum juga

yanuar catur rastafara 11:54 AM, June 11, 2009  

bener sob,,saya akan berusaha memperbaiki ibadah saya, termasuk shalat
sebelum saya di sholati kelak

Newsoul 1:55 PM, June 11, 2009  

Saya kadang gak sholat tuh......, kalau lg dapet. Nice posting sist.

zujoe 2:16 PM, June 11, 2009  

aku banget mbak bek...

imanku lom mantab ya????

makin sedih diriku....

mommy adit 2:33 PM, June 11, 2009  

Duh masalah khusyu yah.. paling susah deh...

ernut 3:31 PM, June 11, 2009  

bagiamana melakukan sholat yg berkualitas, itu persoalannya! Nice posting!

indra 3:40 PM, June 11, 2009  

cuma tepat waktu klau subuh...
emang selalu di tunggu soalnya habis itu langsung tidur. :D

bunga raya 8:08 PM, June 11, 2009  

berkunjung setelah merasa nyaman apa lagi dengan tampilan blog dan isinya yang mantap salam hangat kawan

Rana Rasuna 2:57 AM, June 12, 2009  

iya tuh mba'... sampe2 kalo beres kerjaannya jam 3 pagi kan tangggung banget tuh,, makanya trusin lagi sambil nunggu subuh, dari pada kebablasan. ya kan? :D

umi rina 6:21 AM, June 12, 2009  

Sholat adalah amalan individu pertama yang dihisab. Sholat adalah amalan yang membedakan seorang Muslim, pengikut Rasulullah SAW, dengan kaum yang lainnya. Namun, sudahkan sholat kita sesuai dengan petunjuk dan tata cara yang diajarkan oleh junjungan besar kita Rasulullah SAW???

Laston M Nainggolan 1:04 PM, June 12, 2009  

Semakin dekat kita kepada Tuhan, semakin gemetar iblis ingin mengganggu kita..Amin

Salam kenal ya..

Seti@wan Dirgant@Ra 1:18 PM, June 12, 2009  

Shalat saya terkadang tidak khusyu,... ingat blogwalking.

Awal Sholeh 4:36 PM, June 12, 2009  

ya din tipu daya iblis emang kuat. aku ampe salut ma iblis itu gimana bisa konsisten ganggu manusia. coba manusia bisa konsisten ibadah dan cari ilmu sebanyak2nya bisa maju umat manusia. he3...

Awal Sholeh 4:47 PM, June 12, 2009  

jarang online dan bw lagi neh. sibuk TA lagi stagnasi. hiks3....

Awal Sholeh 5:26 PM, June 12, 2009  

nyepam lagi ahhh. narsis dikit ah. numpang tinggal postingan

http://awalsholeh.blogspot.com/2009/06/jembatan-sura-madu-terbesar-se-asia.html

@_T!ka 1:22 PM, June 13, 2009  

Hwaa... jadi ngingetin saya nih.
Kdang rasa malas dari setan itu muncul...
Pokoknya harus utamain Allah!

kang-dwi 5:22 PM, June 13, 2009  

kenapa yah, kl lagi sedih sholat bisa khusyuk, tp kl lg sedeng2 n happy payah u khusyuk

fales 7:05 AM, June 16, 2009  

nyok kite sholat !!!

kawanlama95 9:27 AM, June 16, 2009  

sholat adalah kewajiban, jadi jangan pernah meningalkannya walau hanya sesaat.

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*