*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[Special] Sekolah Menengah Kejuruan


Pendidikan adalah salah satu sektor yang menjadi perhatian sangat serius Kabinet Indonesia Bersatu di bawah kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang tengah melaksanakan tugas pembangunan di berbagai sektor di sepanjang kurun waktu 2004-2008 ini. Lebih dari itu, pembangunan sektor pendidikan selama empat tahun terakhir ini juga telah mendapatkan perhatian yang tak kalah serius dari berbagai kalangan lain, tidak hanya dari kalangan pemerintahan dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), tetapi juga seluruh pemangku kepentingan pendidikan.

Salah satunya adalah pendidikan menengah kejuruan, di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah – Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan – Departemen Pendidikan Nasional, yang setiap tahunnya meningkatkan pelayanan pendidikan yang mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional. Pada Pilar Kebijakan Pendidikan Nasional, salah satu pilarnya ‘Perluasan dan pemerataan akses pendidikan’ butir h - Memperluas akses pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) sesuai kebutuhan dan keunggulan lokal. Perluasan akses SMK dilaksanakan dengan menambah program pendidikan kejuruan yang lebih sesuai dengan tuntutan pasar kerja...

Jadi akan kemana setelah SMP/MTs? Pilihan alternatifnya adalah SMK. Kenapa SMK? Departemen Pendidikan Nasional telah menetapkan kebijakan jangka panjang untuk membalik rasio peserta didik SMA:SMK dari 70:30 pada tahun 2004 menjadi 60:40 pada tahun 2009. Oleh karena itu, beban peningkatan APK SMA/SMALB/MA/SMK/Paket C menjadi lebih banyak tertumpu pada kinerja Direktorat Pembinaan SMK [Dit. PSMK].
Pada periode 2007/2008, pertumbuhan SMK di Jawa dan Bali sangat menggembirakan karena sudah mencapai target rasio siswa SMK:SMA 40:60. Di luar Jawa dan Bali, baru Kalimantan Timur dengan rasio 47:53 yang telah mencapai target nasional. Enam provinsi dengan rasio lebih dari 38:62, yaitu Gorontalo, Sumatra Utara, Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, dan Lampung diharapkan dapat mencapai rasio target nasional pada tahun 2008, sementara 3 provinsi lagi dengan rasio lebih dari 35:65, yaitu Bengkulu, Sulawesi Barat, dan Kepulauan Riau diharapkan dapat mencapainya pada tahun 2009.

Dit. PSMK juga menyediakan Bantuan Khusus Murid [BKM] SMK, serta Bantuan/subsidi lain [seperti peralatan, RKB, USB] yang semua bisa dilihat lebih jelas di alamat http://ditpsmk.net dan untuk mengetahui data SMK, program keahlian apa saja yang ditawarkan di seluruh indonesia bisa dilihat pada alamat http://datapokok.ditpsmk.net/
Siswa SMK dididik siap kerja, cerdas dan kompetitif. Banyak dari lulusan SMK pariwisata telah bekerja di luar negeri, kapal pesiar dan kerja di hotel-hotel berbintang di Indonesia. Pada bidang lainnya juga berwirausaha di bidang otomotif, komputer, pertanian, perikanan dan kelautan, perkayuan, dan lain sebagainya.

Fasilitas yang bisa di dapat adalah tersedia Prakerin [praktek kerja industri] pada DU/DI [dunia usaha/dunia industri] atau BLPT setempat yang ditunjuk pusat untuk bekerjasama dengan SMK, laboratorium biologi – untuk SMK tertentu-, perpustakaan, SMK Berasrama gratis [hanya di 8 lokasi], satu SMK negeri atau swasta menjadi pusat layanan TIK [Teknologi Informasi dan Komunikasi] di 440 ibukota kab/kota dengan Jardiknas gratis – bukan hanya untuk SMK tapi masyarakat sekitarnya juga bisa ikut merasakan fasilitas ini-, program pendampingan dari Perguruan Tinggi kepada SMK, menjadi duta bangsa untuk ikut kompetisi di World Skill Competition [WSC] setiap tahun [tahun lalu telah meraih 3 emas, 2 perak, 2 perunggu dan mendapat hadiah satu buah notebook per siswa yang diberangkatkan], mengikuti Asian Skill Competition [ASC], dan pada skala nasional ada ajang LKS [lomba keterampilan siswa] SMK yang setiap tahun juga dilaksanakan di kota juara umum LKS [a.l. Bandung 2006, Makassar 2008, Jakarta 2009], serta fasilitas lainnya yang bisa ditanyakan langsung pada SMK atau Dinas Pendidikan kab/kota setempat.

Pengembangan sekolah berbasis keunggulan lokal di setiap kabupaten/kota juga dilakukan melalui program penguatan SMK yang meliputi bidang kelautan, kesenian, kerajinan, perhotelan, dan pertanian. Ada 317 SMK yang sudah berbasis Keunggulan Lokal yang tersebar di seluruh Indonesia, di tahun 2007 ada 179 SMK bertaraf Internasional, yang semuanya bisa dijadikan alternatif pilihan.

Pilihlah program keahlian yang sesuai minat calon siswa, ingin bekerja di stasiun TV? pilih broadcasting, ingin menjadi ahli mesin? pilih otomotif, ingin jago di bidang IT? pilih teknologi, jago wirausaha? pilih bisnis dan manajemen, ingin pesiar ke luar negeri atau hotel bintang 5? pilih perhotelan, dan lainnya serta jangan takut untuk tidak dapat meneruskan ke pendidikan tinggi. Adik-adik masih bisa lanjut ke perguruan tinggi bahkan dengan memperoleh beasiswa, ayo kembangkan bakat dan pribadimu lewat SMK, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

SMK BISA!

Data: buku PPN 2004 - 2008
===
Tulisan singkat ini didedikasikan kepada seluruh Guru SMK di Indonesia, especially TOT guru pengampu SMK di bidang Perikanan dan Kelautan angk. VI tahun 2004 yang tersebar di seluruh Indonesia. "where r u guys... miss u all...! plisss call me... in bau-bau, palu, gorontalo, medan, cianjur, bekasi, etc  makan ikan bakar di karimunjawa lagi yukks... di atas kapal itu, kepada siapa kapal kita berlabuh kalo tidak di dermagamu... jiah jiah..." 
Eh kalo saya tidak jadi guru tidak apa kan? Karena sahabat saya bilang saya lebih cocok jadi guru TK ehem… tapi ternyata nasib memilih saya untuk duduk di sini, bukan di daerah seperti kalian dan kalian sekarang lebih kompeten dari saya – berbahagialah karena bisa melanjutkan sekolah lagi, karena saya belum diizinkan untuk itu.

25 komen:

wisata-riau776543 10:01 PM, May 24, 2009  

pertamaXX dulu baru koment...

wisata-riau77654378 10:11 PM, May 24, 2009  

wah... nice info say...
aku juga dulu pengen masuk SMK,,, namun... ikut ortu,, nuyuruh SMA .. heheh...
anak yg baik... nurut deh......
smoga dgn mprioritaskan SMK.. pengangguran di indonesia makin berkurang...

Umi Rina 6:11 AM, May 25, 2009  

Uraian yang jelas dan rinci. Hmm, bisa jadi pilihan bagus buat keponakanku. Makasih banyak ya informasinya duCky... :)

J O N K 10:36 AM, May 25, 2009  

HIDUP SMK :D...

rHeeaz 11:25 AM, May 25, 2009  

iklan banged sih ducky....

Newsoul 12:28 PM, May 25, 2009  

Yah SMK Bisa !. Nice posting. Hidup SMK, hidup ducky dong, hehe.

Fanda 1:10 PM, May 25, 2009  

Memang sekolah yg fokus pada keahlian kyk SMK ini mencetak tenaga kerja yg lbh siap pakai di pasaran. Aku lulusan akademi kesekretariatan, buktinya begitu lulus bisa dapet kerjaan dgn gaji diatas rata2 teman yg lulusan S1. Tentu saja ga bisa disama-ratakan semua, intinya SMK bagus kok!

kun 3:09 PM, May 25, 2009  

mantap sob...mang pendidikan tu sangat penting bagi kemajuan bangsa!!

CHIKA 3:38 PM, May 25, 2009  

yua,,, SMK mank bgs bgtz.. saya jg pengen msk SMK,,,

Rana Rasuna 7:53 PM, May 25, 2009  

wah2 mba' uraiannya mantab, SMK memang bisa!
btw, ada apa dengan di atas kapal itu, kepada siapa kapal kita berlabuh kalo tidak di dermagamu.. ? ...heuheuheu

pasang iklan baris 8:18 PM, May 25, 2009  

SMK memang lebih terjamin masa depannya...
SMK juga bisa memberi bekal kita untuk kehidupan sehari2...

pokonya SMK wuokeh buanget de...
nice post nih...
lam kenal yah...

cebong ipiet 10:45 AM, May 26, 2009  

baguuus. apapun pendidikannya semoga semua jadi prioritas, lumayan lah dimulai dg perbaikan citra smg diikuti dg perbaikan kualitas

Dinoe 10:51 PM, May 26, 2009  

nice info...memang sekolah kejuruan lebih efisien dijaman yang penuh persaingan ini

Seti@wan Dirgant@Ra 6:48 AM, May 27, 2009  

Kayaknya emang yah,... sektor pendidikan menengah kejuruan lebih mendapat perhatian dari pemerintah dibanding pendidikan menengah umum...

kawanlama95 11:36 AM, May 27, 2009  

deen hebat baget postingannya. emang di bayar berapa?
makan enak dong di hotel kirim dong laper neeh

Selamat menjalankan aktivitas

mardee 7:13 AM, May 28, 2009  

kalo temenku bilang SMK itu tempat mencetak kuli :D

Belajar Membuat Web 7:20 AM, May 29, 2009  

wah sip tuh....
@mardee ; bukan mencetak kuli bro, tetapi mencetak sdm yang terampil, sekarang banyak juga lulusan S1 yang jadi kuli, bahkan pengangguran.

Awal Sholeh 9:16 AM, May 29, 2009  

cayo bener SMK bisa. saya juga dl smk din. tp banyak yg neremehin seh.. sayang sekali SMK

Cara membuat Fermentasi dengan SOC 9:49 AM, March 11, 2015  

smk bisa
bisa berkreasi dan bersaing di dunia internasional

Pentingnya Konsentrat Untuk Ternak 1:57 PM, March 16, 2015  

mantap gan
terimakasih atas info nya

cara membuat pakan ikan lele 10:42 AM, March 18, 2015  

terimakasih atas info nya
yang sangat bermanfaat

Budidaya Ikan Nila Dengan Mudah 10:41 AM, April 13, 2015  

mantapgan info nya
sangat menarik untuk dibaca
terimakasih atas info nya yang sangat bermanfaat

suplemen organik cair 2:57 PM, April 29, 2015  

bagus banget gan info nya
terimakasih atas info nya
yang bagus bermanfaat

Cara Membuat Pakan Bebek Petelur 11:27 AM, June 06, 2015  

makin menarik artikel yang di share
terimakasih
ditunggu info info menarik lain nya

Mamat Rahmatj 11:29 AM, June 06, 2015  

makin menarik artikel yang di share
terimakasih
ditunggu info info menarik lain nya

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*