*** mulai april 2010, kategori luvislam dipindah ke blog SahabatRasul, ini menjawab pertanyaan kenapa isi blog menjadi berubah. sebenarnya tidak berubah, tetapi agar lebih tematik saja. *** syukron atas perhatiannya, dan siap menerima kritikan(^.^) syukron atas kunjungannya sobat(".") syukron atas segalanya(^.^) ***

[luvShare] P.A



membaca artikel 'bayangkanlah' by moochenk *yang blognya menurutku berat banget kalau diakses dari home sweet home*, jadi teringat akan kampanye dunia yang mematikan lampu selama 1 jam pada tanggal 28 maret 2009, sabtu kemarin. 
Lalu judul artikel ini dengan prolog ini apa? Kalau mahasiswa pasti tidak asing lagi dengar kata PA alias pecinta alam. Mendukung kampanye mereka dan banyak LSM ataupun individu sekalipun membuat kita tidak merasa sendiri yang sayang dengan alam. Tidak sulit kata moochenk [lagi], cukup satu orang menanam satu pohon dan dimulai dari sekarang. Mudah memang, tapi menemukan tanah lapang di jakarta ini sudah sangat sulit. halaman depan rumah saya yang sepetak itu, jadilah ditanami mahkota dewa, pohon delima, kembang anti nyamuk [apa ya namanyaaa?], pohon jeruk nipis, bunga-bungaan, serta jenis rerumputan lainnya. Kegiatan menanam ini sudah lama di lingkunganku, jadi hasilnya sudah bisa dirasakan, misalanya lingkunganku jadi lebih rindang, lebih asri, dan indah dipandang. Tapi yang bikin sedih, kenapa masih banjir juga…hiks…




Sesuatu yang indah tentu tak jemu dipandang, begitu juga dengan alam semesta ini. Kalau kita tengok keluar jakarta, menengok pemandangan di Sungai Kuantan, traveling ke daerah pelosok di Indonesia yang masih subur pepohonannya, hutannya, serta air yang masih jernih, mata rasanya tidak mau terpejam untuk kehilangan moment melihatnya. Jadi ingat waktu SMA dulu, jalan-jalan ke daerah Tanggamus, Lampung Selatan, rasanya tidak mau pulang kalau tidak ingat harus sekolah. Sungainya itu,,,, gak pernah saya liat sungai sebening dan se’damai’ itu.

Semua bisa saja terwujud, kalau perilaku/budaya kita dalam merawat alam lebih ditingkatkan, lebih peduli, lebih cinta, lebih…..
hal yang simpel dilakukan adalah tidak buang sampah sembarangan *ini lagi ini lagi, sayangnya  imbauan pemerintah ini hanya tinggal pengumuman kosong belaka*, warga yang tinggal di bantaran kali… please deh saudaraku, jangan buang sampah ke kali, tolong berperilaku bersih, yang punya kendaraan bermotor diperiksa dalam periode tertentu biar asap hitam tidak ngepul-ngepul nambah polusi aja, matikan lampu yang tidak dipakai, tidak berburu hewan langka, yang punya uang lebih bisa menyumbangkan pohon di sekolah-sekolah seperti yang sekolah yang diasuh ust. Yusuf Mansur. Saya ingat salah satu jamaah beliau bilang, “mudah-mudahan pohon-pohon ini menaungi saya dan keluarga di padang mahsyar kelak…” begitu dahsyatnya pemikiran beliau itu,,, sampai sang ustad tercenung dengan kalimat itu. Yang terucap hanyalah “amin,, semoga banyak orang akan berpikiran seperti beliau”….
Jadilah warga dunia yang mencintai alam, jangan cuma waktu jadi mahasiswa aja, didik anak sedari muda untuk merawat alam demi masa depan bumi.
::salam cinta alam::
picture from microsoft office  files

41 komen:

kawanlama95 11:44 AM, March 31, 2009  

Hore pertamax. Alhamdulilah aku bersyukur pada Allah bahwa bisa melihat kebesaran Allah lewat keindahan Alamnya.coba tengok sebelum kota bumi jalan lintas ada sungai airnya jernih banget pengen banget kesitu.kalo kesempatan kesitu pengen rasanya berenang.ada yang tau sungai apa? itu aku lupa namanya.

kawanlama95 2:25 PM, March 31, 2009  

Tangamus aku tahun 2006 hampir ke situ tapi nga jadi,kawan dulu pernah tingal disana.coba kalo ada poto2nya di posting.oke

MooChenk 3:11 PM, March 31, 2009  

duuuhhhh...msh berat yyy loding naaa...??? hiks..hiks...
eniweiy basweiy... bener banget kata duCkY, prilaku membuang sampah juga perlu diperhatikan tuu...
dari yang pernah gw baca (lupa alamat situs naaa...), kerusakan lingkungan di suatu wilayah, bisa "mengirimkan" dampak ke wilayah yg laen naaa... krn semua yg terjadi di alam semesta ini berputar, berupa siklus, saling keterakitan, saling memberi saling menerima efek dan dampak...so, perilaku peduli lingkungan ga cm harus dimiliki sekelompok orang ajahhh... coz kita yang bernama "manusia" ini udh ditugasin bwt jd khalifah di bumi ini, udh dibekali ma akal... peduli ma lingkungan adl TUGAS kita semua...
duCkY... thx yyy dah memberikan "sesuatu" dalam benak gw hare nee... luph u..luph ur blog..luph ur ideas...

Newsoul 4:39 AM, April 02, 2009  

Ya climmate change suka atau tidak suka itu terjadi. Saatnya kita harus menjaga bumi kita, menjaga lingkungan kita. Menyitir filospi AA' Gym mulailah dari diri sendiri, mulai dari yang kecil dan....mulai dr sekarang.

Umi Rina 3:36 PM, April 02, 2009  

betul sekali duCky, sudah semestinya masyarakat bisa sadar untuk memelihara, merawat, mencintai alam, sebagai wujud kesyukuran kita kepada penciptaNya. Insya Allah, bila kita mulai dari diri kita, satu orang satu pohon manfaat, maka bumi bisa menjadi hijau kembali...:)

Awal Sholeh 7:35 PM, May 03, 2009  

bener din, perlu dilestarikan n kudunya wajib tiap orang diharuskan biar semakin hijau indonesiaku.. kan orang indonesia takut ma peraturan palagi misal didenda. ya gak? sip2... eh iya promosi blog gimana? udah pernah kah?

ducky 8:50 PM, April 23, 2010  

Artikel lama,jadul,...buat earth day kemaren...:) i love it!

udienroy 6:50 AM, April 24, 2010  

aku tidak pernah membuang sampah di sungai. Juga tidak pernah jadi ilegal loging hehe.. Bahkan saya adalah salah 1 sosok pecinta alam.

Sudino Dinoe 11:36 AM, April 24, 2010  

moga bumi kita tetap terjaga selamanya..mari kita satukan tangan untuk selalu menjaganya........

zujoe 11:41 AM, April 24, 2010  

dududz... koq ga ada kucing sih >,<

zujoe 11:49 AM, April 24, 2010  

hmmm... :salam cinta kucing juga:

Darin 12:19 PM, April 24, 2010  

Salam cinta alam juga :)
Mari selamatkan bumi !

Abdul Hafizh Asri 1:05 PM, April 24, 2010  

kekuasaan Allah emang tiada banding .

Sou Stalker 1:26 PM, April 24, 2010  

halo,thanks atas kunjungannya ya,,salam knal ^.^>

PURNOMO SHIDIQ "Faza Fauzi Akbar" 1:54 PM, April 24, 2010  

kalo yang ke satu pertamaxx,
kita yang kelimabelasnya..hhehe....
makasih atas kunjungannya...salam kenal juga,
bolh follow khan, follow balik ya???

cintailah alammu, niscaya ia akan mmberikan keberkahan bagimu....(baru aja lewat)

ducky 2:07 PM, April 24, 2010  

zujoe: ngapain nulis kucing..suka pub sembarangan seeh ... haha...

shidiq: hehe... sy 16 ah.. sip deh follow memfollow (ky twitter ajha)...

Karlz 2:50 PM, April 24, 2010  

dan aku yang ke-17 hahaha ^_^ Thx y udah berkunjung.. btw ti2p ini y http://sixooninele.blogspot.com 5af ngerepotin

Ratasoe 4:50 PM, April 24, 2010  

Brkunjung blik sob. Slm knal ya..;-)

asopusitemus 5:10 PM, April 24, 2010  

Jangan lupa, jangan buang sampah sembarangan. :D

Tour, Food, and Health 5:12 PM, April 24, 2010  

amiiiinnn...

salam,
tfd

secangkir teh dan sekerat roti 5:35 PM, April 24, 2010  

salam hangat dan cinta juga dah :D

arek11 6:49 PM, April 24, 2010  

nice post.. ^_^
salam kenal.

richoyul 11:15 PM, April 24, 2010  

betul sayangi bumi ini karena di sinilah kita tinggal, kan lebih baik klo nyaman.... mari sama2 menjaganya

~Srex~ 3:45 AM, April 25, 2010  

he-eh Duck...keprihatinanmu...keprihatinanku juga...cuma untung aku tinggal di kaki G.Merbabu, disini pepohonan masih merupakan pemandangan sepanjang dan sluas mata memandang, udara bersih, tak ada banjir...untunglah aku tinggal di daerah yg masih asri, masih "perawan" banget hutannya...kapan2 main ke tempatku Duck...ada jagung bakar manis-pedas loh...kamu suka kan...?

designhouse 6:47 AM, April 25, 2010  

mari menanam seribu pohon di hari bumi ini

Gudang Ilmu 10:21 AM, April 25, 2010  

pencinta ALam memang gua banget dahh saya juga eskul ikutan PA

ducky 11:36 AM, April 25, 2010  

duhhh om Srex wuenaaakk tenaann euy tempatnya, favorite aku banget dkt gunung trus ditambah sungai...haduuhh saya bakal rajin bangun pagi deh... hahaha... sarapan jagung bakar wuiihhh mangtabss dah...

all: trims apresiasinya..waaa smoga bener yg ditulis bener yg dilakukan yah yah yah *selidik selidik..* hehe

maiank 3:04 PM, April 25, 2010  

mari cintai alam...

salam

antaresa 3:37 PM, April 25, 2010  

semuanya kembali pada diri masing-masing mas, dikota saya sendiri sudah gencar yang namanya penghijauan dan kebersihan. dan alhamdulillah kota kecil saya mendapat penghargaan adipura

four dreams 5:29 PM, April 25, 2010  

selamat sore :)
kunjungan balik

TRIMATRA 7:13 PM, April 25, 2010  

yang sadar sama yang ga sadar lebih banyak yang merusak alam sekitar. hmmmm,,, maluuuuu miris!

Bunglon Blog 9:39 PM, April 25, 2010  

kita sudah di anugerai kekayaan dan keindahan alam yg begitu megah, mari kita jaga titipan itu agar tetep seperti adanya...

Sukses Slalu!

bintang 10:26 PM, April 25, 2010  

saya gak punya pohon di rumah, halaman rumah saya ndak ada.soalnya depan rumah udah jalan umum.

hiks....

belajar untuk tidak membuang sampah sembarangan, semoga bisa membantu membersihkan bumi dari kekotoran. amin

four dreams 12:34 AM, April 26, 2010  

ada tag awrd untuk kamu :)

deadyrizky 1:45 PM, April 26, 2010  

huhuhuhu
di kontrakan saya juga gak ada pohon
semuanya habis buat semen dlsb

Karlz 3:16 PM, April 26, 2010  

NEW post Unique Special for u ^^

Tour, Food, and Health 6:26 PM, April 26, 2010  

aku datang lageeee...*_*

Seti@wan Dirgant@Ra 8:38 AM, April 27, 2010  

Sory banget baru sempat mampir.
Gimana kabarnya ?

phonank 3:44 PM, April 27, 2010  

indahnya kalau kita sangat mencintai kehidupan dan selalu menjaganya....

waaaaahhh...

sepertinya Ducky punya idola baru nih,, moochenk yah..??

mau berkunjung ke sana juga ah...

hehehe

bintang 6:35 PM, April 29, 2010  

malem mbak ducky.....

~Srex~ 12:47 PM, May 02, 2010  

berkunjung...sambil makan jagung bakar sambal pedas...sama laporan...tadi baru nanam satu pohon duren...doa'kan tumbuh subur biar ikut menjaga kelestarian alam ya Duck....

Post a Comment

komen nyookk :)
kalo gag punya blog, pilih NAME/URL yaaa..URLnya isi aja akun (pilih satu): FB, Twitter, FS, Email, Plurk, Gtalk/YM, MySpace, YouTube atau apapun -oOo- thanks a lot ^_*